Jumat, 06 Maret 2015

Jenis-Jenis Burung Merpati

Merpati adalah salah satu dari keluarga columbidae. Merpati adalah salah satu binatang yang unik, yang biasanya menetap disuatu tempat tertentu dan setia hanya pada satu pasangan saja. Merpati yang sering dijumpai di indonesia ada beberapa jenis merpati diantaranya :

Merpati Biasa/Merpati Aduan

Merpati biasa ini yang saya maksudkan adalah merpati rumahan yang sering kita jumpai. Merpati ini mempunyai badan yang sedang tidak besar dan tidak kecil. Warna merpati ini bermacam-macam. Keunikan dari merpati ini adalah dari ketangkasannya dalam beradu kecepatan, merpati jenis ini bisa dimainkan, yaitu dengan di adu kecepatan terbangnya. Ada yang dengan diadu dengan jalur lurus (sprint) ada yang di adu di ketinggian dan keterampilan menukiknya. Sehingga perlombaan merpati jenis ini sangat sering sekali di adakan di indonesia. Permainan merpati seperti ini merupakan permainan yang hanya ada di indonesia. Merpati ini sangat banyak dijumpai dan dipelihara di perumahan. Harganya bervariasi dari puluhan ribu hingga ratusan juta.
Jenis merpati aduan
jenis jenis merpati
source : pujanggapati.com

Merpati POS

Merpati pos ini mempunyai badan yang lebih besar dari merpati lainnya. Merpati pos mempunyai struktur badan yang lebih kuat dan kokoh. Keunikan dari merpati pos ini adalah dia sangat hafal dengan ruahnya, sehingga jika sudah dewasa dan dilepas di daerah yang cukup jauh maka merpati pos bisa pulang kerumahnya. Merpati POS di pertarungkan kecepatan pulangnya dengan jarak yang luar biasa. Rata-rata sekitar 500-1000 km, biasanya lomba merpati pos dilombakan dari lombok-jakarta, atau bali-jakarta melewati pulau dan lautan. Sebagian besar merpati pos berwarna megan dan tritis, walaupun ada juga warna lainnya.

merpati pos

Disebut merpati pos karena pada zaman dahulu merpati ini membantu dalam pengiriman surat, dan membantu dalam pengiriman pesan saat perang. Tetapi sekarang merpati ini digunakan untuk mengirim media penyimpanan (MMC, Micro SD dll) di area pegunungan.
merpati pos


Merpati Hias

Merpati jenis ini adalah merpati yang mempunyai keunikan di sisi warna dan bentuknya. Banyak macam dan jenis dari merpati hias. Merpati hias banyak dilombakan keindahan bentuk dan warnanya. Merpati hias dibedakan menjadi beberapa kelas

Berdasar ukuran badan

1. Carrier
Kelopak mata dikelilingi pial dalam bentuk lingkaran yang besar. Tinggi 45-48 cm, berat 500-650 gram. Warna hitam, merah, kuning, putih, dan ada yang berpita biru. Memiliki bulu yang keras, kasar dan rapat.
2. Carneau
Burung konsumsi dari Belgia Selatan atau Perancis Utara, mempunyai berat sekitar 750 gram.
3. Mondaine
Keturunan merpati Perancis dan Italia sebagai burung konsumsi.
Merpati hias Mondaine

Berdasar bentuk badan

1. Kipas (Fantail)
Burung ini mempunyai ekor yang melebar seperti kipas. Untuk mengasuh anaknya burung ini harus dibabukan, atau di cari indukan lain untuk mengerami telurnya.
merpati hias fantail
2. Jacobin
Bulu mengeriting dikepala menggambarkan topi yang dipakai pendeta-pendeta Jacobin
3. Frillback
Merpati ini berbulu ikal di bandan dan sayap. Di bulu seperti ada yang menggulung kecil

Berdasar warna bulu

1. Modena
Modena diambil dari nama kota tempat dia berasal. Merpati dengan ukuran panjang 25 cm, mmpunyai badan yang bulat gemuk  (buntek) dan bergaya anggun.
merpati jenis modena
2. Florentine
Berasal dari Florence, Italia. Kepala, sayap dan ekor berwarna-warni dengan badan yang berwarna putih.
3. Lahore
Di Pakistan dikenal dengan nama burung Shiraz (kota tempat burung berasal). Leher, perut, dada dan ekor berwarna putih. Kepala, pinggang dan sayap bisa berwarna lain.
merpati jenis lahore
4. Oriental Frill
Berasal dari Turki, dengan jenis banyak sekali tetapi yang paling populer adalah Satinette yang mempunyai badan berwarna putih dengan garis-garis pada bahu, sayap, dan ekor warna hitam, biru dan abu-abu cokelat. Konon burung ini adalah burung kesayangan sultan di turki.
merpati jenis Oriental Frill
source : pujanggapati.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar